Budidaya Ayam Kampung Lengkap, Mudah dan Menguntungkan

kandang box untuk doc
ayam kampung
Budidaya Ayam Kampung Lengkap, Mudah dan Menguntungkan

Cara budidaya ayam kampung yang sangat menguntungkan
Cara budidaya ayam kampung secara tradisional dengan cara intensif memiliki sedikit perbedaan , selain memerlukan perhatian yang extra , pemberian pakanpun harus diatur sedemikian rupa. Memeng ayam kampung lebih kebal terhadap penyakit.Ayam kampung merupakan salah satu jenis unggas yang memiliki nilai jual yang cukup tiinggi, dan merupakan jenis ayam yang  sangat banyak diminati oleh masyarakat, karena ayam kampung memiliki tekturdaging yang lembut dan lebih gurih dibanding ayam lainnya. Ayam kampung biasa dibudidayakan oleh masyarakat terutama di peedesaan dengan cara di umbar atau dibiarkan berkeliaran tanpa kandang. Cara ini merupakan cara yang dilakukan oleh orang orang yang masih mengandalkan cara tradisional, sehingga kurang efektive dalam meningkatkan pendapatan dan ekonomi. Memang jika tujuan anda bukan untuk menghasilkan profit atau untung yah,, saya rasa tidak masalah. Tetapi jika anda ingin menjadikan budidaya ayan kampung menjadi ladang usaha anda budidaya ayam kampung secara intensiflah jawabannya. Karena anda dapat menghasilkan uang lebih. Permintaan pasar akan ayam kampung yang sangat besar itu lah yang menjadi tujuan anda.
untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dalam budidaya ayam kampung perlu diperhatikan beberapa hal-hal berikut.
a. pemilihan bibit pada ayam kampung
Hasil gambar untuk ayam kampung
Anak ayam kampung
bibit ayam kampung biasa disebut dengan DOC merupakan hal yang paling penting dalam memulai usaha ini, karena kita ingin mengambil dagingnya ambillah bibit ayam dari keturunan ayam yang bertubuh besar. Itu sangat di prioritaskan. Selain itu ciri-ciri DOC yang memiliki kualitasa yang bagus antara lain, berdiri tegap,sehat, tidak cacat, mata bersinar, pusar terserap sempurna, dan bulu tidak kusam alias mengkilap. Jangan lupa anda memberi vaksin kepada bibit ayam anda.


b. masalah pakan pada ayam kampung
pakan pada ayam kampung memiliki peranan yang sangat penting dalam kesuksesan budidaya ayam kampung,karena akan mempengaruhi pertumbuhan dari ayam tersebut. Ada banyak pakan yang bisa anda berikan kepada ayam anda selain pakan pabrikan.  Anda harus jeli dalam masalah pakan ini apalagi tiap hari harga pakan pabrikan yang semakin mahal harganya.  Pakan alternatif merupakan cara untuk mengatasinya. Anda bisa memberikan dedak,jagung,roti BS mie remuk  dan anda bisa meramu pakan jenis yang lainnya. Atau anda bisa membaca artikel berikut DISINI
cara ini berguna untuk mengurangi biaya produksi anda sehingga keuntungan anda bisa meningkat. Yang terpenting dalam menyusun ransum adalah dengan memperhatikan kebutuhan nutrisi dari ayam kampung. Yaitu sebagai berikut.
Protein kasar (PK) sebesar  12%
Energi metabolisme (EM) sebesar 2500 kkal/kg
Kebutuhan pakan ayam kampung disesuaikan dengan umur ayam kampung itu sendiri. Anda dapat melihatnya pada tabel berikut.

no umur (dalam minggu) jumlah pakan/ekor
1 1 07 gr/hari
2 2 19 gr/hari
3 3 34 gr/hari
4 4 47 gr/hari
5 5 58  gr/hari
6 6 66 gr/hari
7 7 72 gr/hari
8 8 74  gr/hari
Selain makanan yam kampung juga membutuhkan minum yang ckup setiap harinya, minum diberikan secara tidak terbatas jika suda habis disi lagi.dan anda bisa menambahkan vitamin pada minum ayam kampung. Anda obisa memperolehnya di toko-toko ditempat anda berada.
c. sistem kandang ayam kampung 
Hasil gambar untuk kandang postal
kandang postal untuk pembesaran
kandang tentu harus anda persiapkan, ada tiga jenis kandang yang bisa digunakan oleh peternak ayam kampung. Kandang box,kandan postal, kandang baterai. Kandang box digunakan untuk memelihara anakan ayam atau DOC. Kandang box biasanya berukuran 1x 1 meter diisi anakan ayam sebanyak 45 ekor. Lama pemeliharaan dalam kandang box +-20 hari. Bisanya dipasang lampu untuk menjaga kehangatan dengan suhu 30-35 derajat celcius. Setelah berumur 21 hari ayam dipindahkan kekandang postal/ kandang pembesaran ukuran kandang tergantung jumlah ayam yang ingin dimasukkan.kandang dengan ukuran 10x40 bisa diisi ayam 2400 ekor ayam. Ayam akan dipelihara di kandang ini mulai umur 21 hari sampai panen. Dan kandang baterai digunakan untuk kandang indukan ayam. Yang diisi satu kandang satu ekor ayam.














d. pengendalian penyakit pada ayam kampung
penyakit adalah salah satu penyebab terbesar kegagalan dalam budidaya ayam kampung, kerap kali membuat pusing para pembudidaya, karena itu pengendalian penyakit dan pencegahannya sangat perlu digunakan tindakan-tndakan yang perlu diperhatikan antara lain,
1. Menjaga sanitasi dan dan kebersihan kandang seperti managemen litter
2. Pemberian pakan yang terkontrol dan cukup
3. Pemberian vaksin secara teratur
4. Kontrol terhadap binatang lain
5. Managemen pemeliharaan yang baik
Sekian tips dari saya tentang cara budidaya ayam kampung  semoga anda dapat mengambil beberapa pelajaran berharaga
Semoga sukses dan jaya terus pertanian dan peternakan INDONESIA
SEMANGAT,,,,,!!!!


Comments