kopi,pengenalan,cara budidaya dan karasteristik tanaman

Tanaman Kopi
ayam kampung
kandang box untuk doc
tanaman kopi



Nama kopi yang semenjak ratusan tahun  telah dikenal penduduk dunia bahan minuman penyegar, diambil dari nama sebuah kota di negara Ethiopia, yaitu caffa. Yang dalam sejarah mencatat kota ini menjadi kota pusat perkopian pertama dunia. Dalam istilah ilmiah tanaman ini di sebut Coffea sp.  Tanaman kopi boleh dikatakan hampir terdapat di seluruh dunia yang beriklim tropis sedang. Tanaman kopi berasal dari benua afrika. Ada beberapa jenis kopi di dunia tetapi di indonesia kita mengenal dua jenis kopi yaitu kopi robusta (coffea conehora) dan arabika.

Kopi robusta memiliki daun lebar memanjang dengan pangkalnya  yang bulat. Bentuk  buahnya bulat telur berwarna batu merah, bergaris tengah antara 15-18 mm dan kebanyakan berbiji dua. Kopi robusta ini mulai ditanam dipulau jawa pada tahun 1696. Pada akhir abad ke-17 telah terjadi serangan jamur daun yang menyaebabkan jenis kopi ini tidak mungkin lagi tumbuh, keculi di beberapa tempat yang tinggi. Karena mutunya yang tinggi maka ia telah mendapatkan nama yang harum dan terkenal, terutama di pulau jawa dan sumatera.
Jenis lain ialah kopi arabika tanaman jenis perdu yang memiliki tinggi antara 2-3 meter. Daun-daunnya lebih pendek daripada kopi robusta, dan menyempit ke atas. Buahnya adalah buah batu ber-ruang antara 3 hingga 5 dan berwarna merah.
Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik didaerah yang briklim tropis, ditanah yang subur. Orang mengembang biakkan kopi dengan menanam biji-bijinya di persemaian. Apabila sudah cukup besar maka dipindahkan ke tempat lain. Biasanya ditanam di kebun-kebun kopi dalam barisan yang bejarak lebih 4 meter antara satu tanaman dengan yang lain.
Pada saat tanaman kopi sedang tumbuh dan masih muda, ia memerlukan perawatan dan pemeliharaan yang seksama. Kadang-kadang tanaman ini memerlukan tanaman pelindung . apabila masa muda tanaman ini dapat brlalu denga n baik, maka setelah itu ia akan dapat tumbuh subur dan tiada halangan lagi. Seperti halnya degan tanaman teh, maka tanaman kopi perlu dipangkas agar pertumbuhannya tidak memanjang keatas melainkan tumbuh ke samping. Setelah berumur kira-kira 4 tahun barulah tanaman kopi mulai berbuah. Bunga tanaman kopi berwarna putih dan berbau haru semerbak. Bunga-bunga itu tidak lama umurnya, setelah dua atau tiga hari akan berguguran. Kemudian muncullah buah-buah mudah berwarna hijau, dan akan menjadi merah setelah masak. Tanaman kopi memiliki umur yang cukup panjang. Tanaman kopi berbuah tidak bergantung dengan musim, ia berbuah setiap waktu. Oleh karena itu buah yang sudah tua dipetik dan cara pemetikanya harus hati-hati agar buah yang masih muda tidak ikut terambil. Banyak orang yang berpedapat bahwa kopi yang bermutu tinggi adalah kopi luwak . pada kopi saat berbuah musang utau luwak sangat gemar memakan kopi kopi yang sudah matang. Yang dicari binayang itu ialah buah-buah yang sudah ranum. Buah kopi yang dimakan hewan tersebut tidak dapat dicerananya. Sehingga pada waktu mereka mengeluarkan kotorannya kopi yang dimakannya akan turut keluar secara bersamaan. Hujan akan menghanyutkan buah-buah ranum yang becampur dengan kotoran luwak, lalu tertanam didalam tanah, kemudia tumbuh menjadi pohon kopi. Dapatlah orang mengerti, bahwa tanaman kopi dari biji yang sangat ranum akan menghasilkan buah yang bermutu tinggi pula.
Tanaman kopi sebagai tanaman penyegar menghasilkan biji-biji kopi untuk di minum. Biji-biji itu terlebih dahulu digiling dan di bersikan dari kulit arinya kemudian di keringkan lalu di gongseng dan dihancurkan menjadi bubuk. Penjual penjual kopi  memasukkan biji-biji yang sudah keringdan hitam ke dalam penggilingan dan menggilingnya sampai hancur menjadi bubuk. Hal demikian juga dilakukan oleh pabrik-pabrik,dengan alat-alat penggilingan yang lebih maju dan lebih besar. Bubuk kopi dari pabrik biasanya dimasukkan kedalam kaleng untuk di salurkan ke pasar-pasar. Pegolahannya dapat dilakukan secara basah maupun kering. Dengan berbagai cara orang mengolah kopi sebagai minuman penyegar. Ada yang bubuknya dicampur dengan air yang masih mendidih dan dicampur sedikit gula. Orang indonesia biasanya minum kopi pada pagi dan sore hari.
Kopi sebagai minuman penyegar mengandung zat perangsang yang disebut coffaine. Apabila orang terlalu banyak meminum kopi akan menyebabkan seseorang suasah tidur .

Comments