Budidaya Lele padat tebar menggunakan sistem Bioflock

Hasil gambar untuk sistem bioflok wikipedia
.Seperti halnya manusia semakin berkembangnya zaman dan gaya hidup. Semakin berkembang juga penyakit yang diderita masyarakat. Setelah ditelusuri ternyata semua itu berasal dari makanan. Begitu pula ikan lele, asal mula penyakit yaitu berasal dari bakteri, virus, dan mikro lain yang berkembang akibat lingkungan tempat hidupnya mendukung berkembangnya patogen penyakit. Hal tersebut terjadi karena sisa pakan yang kita berikan dan kotoran yang dihasilkan merupakan media hidup yang baik untuk
pertumbuhan patogen penyakit ikan. Dan akan berbeda-beda di setiap wilayah tergantung jenis patogen penyakit apa yang mendukung. Menurut buku “Probiotik” Editor dari Prof.Dr. Soeharsono, Msc, hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran unsur Karbon (C), Nitrogen (N) dan Posfor (P) dalam tubuh ikan atau udang yang merupakan cerminan dari pakan ikan atau udang, rata-rata 13%, 29% dan 16%, namun jumlahnya sangat sedikit dalam tubuh, karena ternyata pakan yang dimakan oleh ikan hanya 20%-30%, artinya tersisa 70-80% dalam kolam atau sedimen dan itu jumlah yang sangat besar. Sisa 70%-80% inilah yang biasa menjadi sumber penyakit muncul, kualitas air menurun dan berakibat dengan pertumbuhan ikan lele yang kurang maksimal. Artinya saat kita mampu mengolah sisa 70% tersebut maka kita mampu memberikan lingkungan yang terbaik untuk ikan lele. Ada banyak tehnik pengelolaan sisa kotoran dan pakan bisa menggunakan sistem sirkulasi, sistem penyedotan, sistem probiotik dan yang akan kami gunakan yaitu sistem BIOFLOK.


Apa itu BIOFLOCK ???

Bioflok merupakan agregat diatom, makroalga, pelet sisa, eksoskeleton organisme mati, bakteri, protista dan invertebrata juga mengandung bakteri, fungi, protozoa dan lain-lain yang berdiameter 0,1-2 mm. Bahan-bahan organik itu merupakan pakan alami ikan dan udang yang mengandung nutrisi baik, yang mampu disandingkan dengan pakan alami, sehingga pertumbuhan akan baik bahkan jumlah pakan yang diberikan bisa diturunkan. Menurut Teori Bioflokulasi Bioflok adalah tehnik pengolahan limbah cair untuk makroagregat yang dihasilkan dalam sistem lumpur aktif. Lumpur aktif bisa juga diibaratkan sebagai sup mikroba yang terbentuk dari pemberian aerasi terus menerus pada biomassa tersuspensi dan mikroorganisme penguraian dalam limbah cair.

Bagaimana terbentuknya BIOFLOK didalam air??

Proses ini dimulai dari proses nitrifikasi yang reaksinya adalah amonia plus oksigen menjadi ion nitrit dan akhirnya nitrat dan air, pada reaksi ini terdapat campur tangan bakteri oksidasi amonia dan bakteri oksidasi nitrit, artinya semua proses ini memerlukan oksigen yang cukup tinggi yaitu 4 ppm pada siang hari dan 6 ppm pada malam hari.

Mikroorganisme seperti bakteri dengan kemampuann lisis bahan organic memanfaatkan detritus sebagai makanan. Sel bakteri mensekresi lendir metabolit , biopolymer (polisakarida , peptida, dan lipid) atau senyawa kombinasi dan terakumulasi di sekitar dinding sel serta detritus. Kesalingtertarikan antar dinding sel bakteri menyebabkan munculnya flog bakteri.

Penggunaan BIOFLOG dalam budidaya ikan lele

Kita ketahui dengan sifat nafsu makan yang tinggi dan usus pendek dari ikan lele menyebabkan ikan lele mudah lapar namun cepat menyebabkan akumulasi kotoran menumpuk. Tehnik Bioflok pada intinya mereduksi bahan-bahan organik dan senyawa beracun yang terakumulasi dalam air pemeliharaan ikan. Dengan sistem self-purifikasi didapat hasil akhir meningkatkan effisiensi pemanfaatan pakan dan peningkatan kualitas air. Hasilnya adalah :
1.    Pakan ikan lele akan lebih effisien (Sedang dicoba di randi farm total pakan yang diberikan)
2.    Pertumbuhan ikan lele akan rampag artinya selama kegiatan budidaya tidak ada kegiatan penyortiran.
3.    Kecepatan pertumbuhan ikan yang lebih optimal dengan masa waktu panen yang lebih singkat.
4.    Padat tebar per meter3 yang lebih tinggi kisaran 500 benih-1000 benih/m3.
5.    Ikan sehat dan gesit serta mengurangi penyakit pada ikan.

Persyaratan kolam Bioflock

a.    Membutuhkan probiotik pembentuk flog. Randi Farm menggunakan bakteri Bacillus sp seperti Bacillus Substilis, Bacillus cereus. Probiotik bisa dibeli dipasaran dengan harga yang murah dan bisa diperbanyak dengan molase supaya lebih hemat.
b.    Membutuhkan oksigen yang tinggi didalam kolam kisaran 4 ppm-6 ppm. Randi Farm menggunakan pompa celup dengan ketinggian pompa 2,5 meter dengan kekuatas 43 watt.
c.    Penambahan bahan baku stater yang mengandung karbon seperti molase, tepung tapioka, tepung terigu, bekatul atau gula.
d.    Kondisi lingkungan air kolam dibuat selalu mengaduk dengan bantuan semburan air atau aerator.

Cara Budidaya lele sistem bioflok ini menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang ingin membudidayakan lele namun terkendala pada keterbatasan lahan dan air, karena budidaya dengan sistem bioflok bisa diterapkan dengan menggunakan tong-tong maupun kolam-kolam terpal, karena disini kita bukan berbicara mengenai media yang digunakan melainkan berbicara mengenai sistem yang diterapkan. Berikut ini akan saya uraikan mengenai cara budidaya lele sistem bioflok.

Langkah pertama adalah sahabat harus mengetahui dan paham terlebih dahulu apa itu BIOFLOK, karena ini akan menjadi dasar pertimbangan sahabat sebelum memulai budidaya sistem bioflok tersebut. Silahkan sahabat baca artikel mengenai aplikasibioflok pada ikan lele, semoga artikel tersebut bisa membantu dan menambah pengetahuan sahabat mengenai sistem terkait.

Langkah kedua mempersiapkan media sistem bioflok, media yang digunakan berupa kolam terpal yang berbentuk bundar dengan kearangka besi yang mengelilinginya. Lebih jelasnya sahabat bisa membaca artikel sebelumnya mengenai cara membuat kolam bioflok yang telah saya postkan sebelumnya.
Langkah ketiga mempersiapkan alat dan bahan yang khusus dan umum yang digunakan dalam budidaya ikan lele pada umumnya. Bahan dan alat yang perlu sahabat persiapkan diantaranya:

TAHAP PERSIAPAN BAHAN DAN ALAT BUDIDAYA
Bahan:
1. Probiotik, bahan ini berfungsi sebagai bibit bakteri yang akan menguraikan limbah organik sisa pakan, bangkai plankton yang sudah mati menjadi protein.

2. Molase/tetes tebu/gula pasir/gula batu/gula aren, bahan ini berfungsi sebagai sumber carbon (N), karena sistem biolok akan terbentuk jika C/N rasio lebih dari 12.

3. Bibit ikan lele, usahakan mencarai bibit yang unggul dan bekualitas. Akan menjadi lebih baik jika bibit yang digunakan bibit hasil pembibitan sendiri, jadi lebih aman dari bibit penyakit.

4. Pakan ikan, pakan ikan yang baik memiliki kandungan protein diatas 32 %. Kolam dengan sistem bioflok tidak menganjurkan penggunaan bahan pakan seperti keong, bekicot, ayam tiren, ikan runcah dan sejenisnya. Jika pembentukan flok sudah jadi, maka pemberian pakan bisa menggunakan pakan dengan konsentrasi protein lebih rendah atau pakan yang tidak terlalu mahal, karena kolam sudah dipenuhi dengan protein organik alami yang diuraikan oleh bakteri heterotrofik.

5. Air, air merupakan hal yang utama karena menjadi bahan dasar budidaya, usahakan menggunakan air yang tidak tercemar dan bersih, jangan menggunakan air yang mengandung bahan kimia berbahaya karena akan berdampak buruk pada kesehatan pengkonsumsi ikan lele.

Alat-alat:
1. Aerator, alat ini menjadi alat yang harus sahabat siapkan sebelum menerapkan sistem bioflok ini pada budidaya ikan lele sahabat. Alat ini berfungsi menyuplai Oxigen sekaligus mengaduk flok agar terus mengambang, karena salah satu keberhasilan untuk menjadikan bahan limbah organik menjadi flok protein harus dengan mengaduk terus-menerus 24 jam pada konsentrasi oxigen yang cukup yakni minimal berkisar 1,8 mg/l diatas permukaan air dan 2,1 mg/l dibawah permukaan kolam. Karena bakteri pembentuk plok protein tidak akan berkembang pada kondisi oxigen yang minim.

2. Pompa air, meskipun kolam sistem bioflok ini merupakan sistem yang bisa digunakan tanpa mengganti air, tapi sebagai antisipasi tidak ada salahnya jika sahabat merancangnya untuk penambahan ketika air sidikit pekat. Karena dengan penambahan dan pengurangan air secara berkala tentu ini akan menjadi lebih baik jika dibandingkan dengan tidak adanya pergantian sama sekali.

3. Bak sortir, serok kecil dan besar, dan berbagai macam peralatan yang dibutuhkan dalam berbudidaya bisa sahabat siapkan.

TAHAP OPRASI BUDIDAYA
1. Pengisian air, pengisisan air dilakukan ketika semua peralatan dan media kolam bioflok sudah difinising, cek terlebih dahulu apa yang masih kurang jangan sampai ada yang merugikan pada saat oprasi budidaya sudah berjalan, soalnya akan mengulur-ngulur waktu sahabat, yang seharusnya lancar malah jadi molor karena tidak dilakukan pengecekan.

Isi air dengan ketinggian 30-40 cm, hal ini dilakukan agar bibit lele tidak stres dan mati karena belum mampu menahan tekanan air dan kelelahan menggapai makanan yang terlalu jauh. Tidak hanya itu, dengan pengisisan yang tidak terlalu banyak memungkitkan flok akan terbentuk dengan cepat, dengan seiring berjalanya waktu dan ikan mulai tumbuh besar, maka air harus terus ditambah sampai batas ketinggian maksimal yang idealnya berkisar antara 100-120 cm.

Tambahkan probiotik, sebagai bibit bakteri pengurai zat organik menjadi flok protein dengan konsentrasi 5-10ml/ meter kubik. Sahabat bisa mendapatkan probiotik ditoko-toko penjualan pakan ikan.

Tambahkan molase/tetes tebu/gula pasir/gula batu dan aren kedalam kolam dengan kensentrasi 50-100 ml/meter kubik. Molase berfungsi sebagai bahan perangsang tumbuh kembangnya bakteri-bakteri pengurai supaya dapat berkembang secara efektif.

Lakukan pengadukan secara terus menerus 24 jam, dengan menghidupkan aerator. Biarkan sampai beberapa hari sampai air benar-benar matang dan sudah terdapat flok protein didalamnya. Kisaran waktu pembentukan flok tidak bisa dipastikannamun terdapat ciri-ciri yang menandakan air kolam siap ditebar benih diantaranya:

Air yang sudah matang akan terlihat berwarna kuning hijau kecoklatan, kuning tidak kuning hijau juga tidak hijau berwarna samar tapi domonan kecoklatan.

b. Air terlihat seperti keruh, tapi jika diambil sample pada gelas yang bening akan kelihatan jernih dan jika didiamkan beberapa menit akan terlihat ada endapan berwarna hijau samar kuning dan tidak pekat jika dipegang.

c. Jika kolam diaduk pada dasarnya akan keluar kabluk, seperti debu yang melayang-layang diair.



Penebaran Bibit
1. Penebaran bibit, tahap ini dilakukan setelah air kolam sudah matang dan flok sudah terbentuk, usahakan melakukan pengecekan PH kesaman terlebuh dahulu dan pastikan PH netral. Lakukan juga penebaran pada malam hari atau pagi hari sekitar jam 5 pagi. Menurut penuturan dari salah satu anggota BBI Lampung Selatan, usahakan bibit ikan yang ditebar memiliki ukuran lebih dari 7 cm untuk menjaga supaya jumlah ikan lele tetap dan untuk menjaga segala kemungkinan yang terjadi, beliau mengatakan bahwa ikan yang ukurannya dan umurnya lebih besar lebih tahan terhadap kondisi suhu lingkungan.
Hasil gambar untuk sistem bioflok wikipedia
2. Pemberian pakan, lakukan pemberian pakan dengan konsentrasi lebih banyak pada malam hari karena sifat lele yang Nokturnal atau aktif pada malam hari, mak pemberian pada malam hari akan lebih efesien. Campukan juga probiotik pada pelet atau pakan ikan dengan konsentrasi 4 ml/kg. Jika memungkinkan sahabat bisa mempermentasikan pakan ikan yang sudah tercampur dengan probiotik tersebut pada tempat yang minim oxigen yang akan membentuk warna pakan menjadi keputihan. Menurut penuturan para pembudidaya sistem bioflok propesional hal tersebut memberikan dampak yang baik bagi pertumbuhan dan kesehatan ikan lele. Tidak hanya itu, sahabat harus mengatur pemberian pakan secara teratur agar didapat hasil yang maksimal dengan pakan yang serendah-rendahnya.



3. Pengolahan air, memang benar penerapan sistem biflok ini tidak membutuhkan ganti air sampai panen tiba, tetapi tidak ada salahnya jika sahabat melakukan penambahan air dikarenakan seiring bertambahnya usia maka tubuh lele pun akan semakin bertambah dan sahabat perlu juga menambahkan probiotik seminggu sekali dengan konsentersi 5-10 ml/meter kubik, hal ini untuk menjaga kesetabilan bakteri pengurai supaya terus berkembang.

4. Pemeliharaan, pemeliharaan ini merupakan waktu dimana sahabat akan banyak menemui bermacam-macam kendala dan rintangan yang cukup menguras pikiran dan tenaga sahabat, tapi tidak usah terlalu dipikirkan, jika sahabat melakukan penanganan dan pengoprasian dengan perosedur yang telah dianjurkan, maka kendala-kendala itu akan mudah untuk diatasi. Berikut langkah-langkah pemeliharaan:

A. Jadwalkan secara teratur waktu dan ukuran pemberian pakan, misalkan jika ikan lele diberikan pakan sehari 3 kali pukul 00:09, 15:00 dan 21:00 dengan ukuran 5% dari berat badannya, maka pemberian harus dilakukan secara teratur dan tepat waktu.

B. Tambahkan air 2 hari sekali sampai batas ideal 100-120 cm. Jika kolam dikurangi sebanyak 20 L maka harus ditambah sebanyak 40 L atau 2 kali lipat dari pengurangannya.

C. Lakukan pengambilan sampling ikan lele 10 hari sekali untuk menentukan ukuran pakan yang ideal untuk diberikannya berkisar antara 3-6% dari berat badan si lele.

D. Tambahkan molase/tetes tebu/gula pasir/gula batu seminggu sekali dengan konsentrasi 50-100 ml/meter kubik, hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan C/N rasio agar tetap berada diatas 12. Sahabat bisa menggantinya dengan tepung terigu atau tepung tapioka jika molase berupa tetes tebu tidak tersedia.

Lebih jelasnya sahabat bisa baca artikel sebelumnya mengenai aplikasi bioflok pada lele terkait dengan C/N rasio.

E. Perthankan suhu pada 28° C, suhu ini sangat berpengaruh tehadap flok pada kolam terutama pada musim pncaroba, dikondisi ini suhu sering kali berubah-ubah oleh karena sahabat dianjurkan untuk mengatapi kolam sahabat dengan fiberglass, tujuannya ketika musim penghujan suhu dan keasaman PH tidak mengalami penurunan maupun peningkatan secara derastis begitupun sebaliknya pada saat musim kemarau.

F. Lakukan pengontrolan serutin mungkin dan segera ambil tidakan jika ikan lele yang sahabat pelihara mengalami perbedaan seperti, nafsu makan berkurang, gerakan ikan lamban dan sebagainya. Jika hal tersebut terjadi, cek apakah air terlalu pekat atau tidak. Kika terlalu pekat, maka lakukan pengurangan air hingga 50% dan tambah dengan air bersih sampai ketinggian semula.

TAHAP PANEN

Lele Siap Panen
Panen, sehari sebelum melakukan panen sahabat harus memuasakan lele sahabat. Hal ini bertujuan supaya ketika dipanen, lele sahabat tidak memuntahkan kembali pakan atau buang kotoran pada saat pengiriman.
Pindahkan air kolam kekolam yang belum terisi air supaya lele mudah dipanen. Kenapa air dipindahkan? Kenapa tidak dibuang? Hal ini bertujuan supaya sahabat tidak perlu mematangkan air kembali seperti tahap awal dan lebih bisa mengefisiensikan waktu. sahabat bisa kembali menggunakan air tersebut dengan konsentrasi 50 air bersih dan 50 air bekas panen tersebut.



SETELAH PANEN
Setelah panen sahabat perlu melakukan pencucian pada kolam yang telah dipanen tersebut, bersihkan flok-flok yang mengumpul disela-sela media kolam sampai bersih, sahabat bisa mengunakan sabun sebagai pembersihnya.
Biarkan sekama sehari sampai air benar-benar habis mengering, kemudian sahabat bisa kembali mengisi dengan air sisa panen maupun menggunakan air bersih. Ditahap ini sahabat sudah sampai penghujung dan akan kembali lagi menuju tahap awal oprasi budidaya.

Mungkin itu penguraian mengenai cara budidaya lele sistem bioflok yang bisa saya sampaikan, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi sahabat-sahabat semua yang membaca. Semangat, salam sukses untuk para pejuang.
lihat juga tips bertani lainnya disini : https://pengetahuanbertani.blogspot.com

Comments